Sabtu, 03 November 2012

Ramones

Paps Kenzio Share:
Salah satu band favorit saya, dan karya-karyanya menginspirasi saya, dengan dandanan khas era 1950-an, jeans belel plus jaket kulit, band ini pertama kali tampil di depan publik pada 30 Maret 1974 di New York. Pernah dijuluki majalah Spin sebagai “salah satu dari tujuh band besar sepanjang masa”.

Saya masih ingat betul, ketika berita kematian Joey Ramone(15  April 2001) dan Dee Dee Ramone (5 Juni 2002), beberapa musisi rock lantas ramai-ramai mempersembahkan sebuah album penghormatan bertajuk “We’re Happy Family-A Tribute to Ramones”.

Di album yang dirilis Sony music ini, 16 karya besar The Ramones seperti “Blietzkrieg Bop”,"I Believe in Miracles", "Do You Remember Rock N Roll Radio?", "Sheena Is A Punk Rocker", hingga “Return of Jackie and Judy, dinyanyikan ulang oleh Red Hot Chili Peppers, Rob Zombie, Eddie Vedder, Metallica, U2, Kiss, Marilyn Manson, Garbage, Green Day, The Pretenders, Rancid, Pete Yorn, The Offspring, Rooney, dan Tom Wait.

Keberadaan Ramones oleh para rocker kawakan itu memang begitu dihormati dan pantas diagungkan. Tak terhitung band rock yang ada saat ini lahir karena sepak terjang Ramones. Tak terkecuali band gahar setaraf Metallica. Metallica berkiblat pada gaya dan music Ramones, Karena Ramones-lah, Metallica bisa terlihat dan terdengar sampai ke seluruh dunia. Ucapan ini meluncur dari mulut Kirk Hammet, gitaris Metallica.
Geliat The Ramones sendiri dimulai pada tahun 1974 di kawasan Forest hills New York, AS. Adalah Jeffrey Hayman atau Joey Ramone(Vokal, drum), John Cummings atau Johnny Ramone(gitar), Douglas Colvin atau Dee Dee Ramone(bas)yang memulainya.
Dengan dandanan khas rocker era 1950-an, jeans belel plus jaket kulit, band yang pernah dijuluki majalah Spin sebagai salah satu dari tujuh band besar sepanjang masa ini tampil di depan publik  pada 30 Maret 1974 di sebuah studio di New York. Sekira sebulan sesudahnya, Joey konsentrasi pada posisi vokal dan merekrut drummer baru, Tom Erdelyi alias Tommy Ramone.

Sejak itu, Ramones mulai merambah berbagai panggung club kecil. Gaya penampilan mereka yang biasanya cuma berlangsung sekira 20 menit dengan durasi lagu yang rata-rata cuma 2 menit, cepat mendapat perhatian. Termasuk label rekaman Sire,  yang akhirnya mengontrak Ramones pada awal 1975. Awal tahun berikutnya, album debut mereka pun dirilis dan berhasil masuk posisi 111 di Amerika.

Di Inggris,  pelan-pelan Ramones mulai menancapkan pengaruhnya. Setelah penampilan perdana mereka pada 1976, banyak band lokal yang lantas bermunculan mengikuti jejak Ramones. Bahkan, album kedua mereka, "Ramones Leave Home", berhasil menerobos hingga posisi 48 di Inggris.

Musim semi 1977, Tommy Ramone mengundurkan diri dan digantikan Marc Bee yang kemudian mengganti namanya menjadi Marky Ramone. Bersama Ramones, Marky sempat terlibat dalam penggarapan album "Road to Ruin", "I’ts Alive", "End of Century", "Pleasant Dreams", "Rock N’ Roll High School" dan "Subterranean Jungle", sebelum digantikan oleh Richard Beau atau dikenal dengan Richie Ramone.

Walaupun berasal dari Amerika, Ramones tampaknya justru banyak mendapat perhatian di Inggris. Pada tahun 1979, mereka bahkan mendapat kehormatan menggarap album "End of Century" di bawah bimbingan produser legendaris yang juga pernah sukses mengangkat pamor The Beatles dan John Lennon, yaitu Phil Spector. Dari album ini, Joey dkk. berhasil melambungkan nomor daur ulang milik The Ronette "Baby I Love You", hingga masuk dalam deretan sepuluh besar Inggris.

Setelah Christopher John Ward atau CJ Ramone bergabung menggantikan posisi Dee Dee Ramone yang hengkang, pamor Ramones perlahan meredup. Kondisi ini diperparah oleh kondisi Joey dan Marky yang terpaksa mendapat perawatan akibat kecanduan alcohol. Era 1990-an menjadi tahun-tahun kelabu band ini. 

Usai menggelar tour musim panas dan tampil di ajang festival music “Lollapalooza” pada tahun 1996, Ramones pun bubar. Akan tetapi, melalui sejumlah jawara music rock masa kini, karya-karya komposisi rock, Ramones terdengar kembali. Dan Ramones akan tetap menjadi band legendaris, yang selalu saya favoritkan... Hey Ho Let's Go!
(dari berbagai sumber)
Published by Paps Kenzio

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

Halo kawan, terima kasih sudah mampir ke sini, mudah-mudahan isi blog ini bermanfaat, silahkan kawan berkomentar dengan bijak

Get Updates in your Email
Complete the form below, and we'll send you our best of articles.

Deliver via FeedBurner

Labels

Text Widget

Recent News

Contact

Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger .
TOP